Contoh Tumbuhan Gymnospermae


Apa itu Tumbuhan Berbiji Terbuka Gymnospermae

Apa itu Tumbuhan Berbiji Terbuka Gymnospermae

Contoh Tumbuhan Gymnospermae Beserta Nama Latin – Pengertian Gymnospermae adalah suatu golongan tumbuhan yang menghasilkan biji dalam keadaan tidak tertutup oleh daging buah (karpel) sehingga tampak dari luar sejak masih bakal biji hingga menjadi biji. Tumbuhan berbiji terbuka merupakan kelompok tumbuhan berbiji yang bijinya tidak terlindung dalam bakal buah (ovarium).

Ciri ciri Tumbuhan Gymnospermae

  • Memiliki bunga berbentuk kerucut seperti tumbuhan paku-pakuan
  • Berdaun sisik
  • Tidak memiliki perhiasan bunga
  • Sistem pembuahannya tunggal
  • Pola percabangan batangnya adalah monopolidial (poros batang tumbuh lurus).

Contoh Tumbuhan Gymnospermae Beserta Nama Latin

  • Pakis haji (Cycas rumphii)
  • Tangkil atau melinjo (Gnetum gnemon)
  • Cemara ( Araucaria cunninghami ) / ( Cupressus lusitanica )
  • Pinus ( Cupressus lusitanica ) / ( Pinus merkusii )
  • Melinjo ( Gnetum gnemon )
  • Juniper ( Juniperus sp )
  • Damar ( Agathis dammara )

Pengelompokan Tumbuhan Gymnospermae

Dalam klasifikasi tumbuhan modern, Gymnospermae tidak memiliki status taksonomi karena banyak petunjuk bahwa tumbuhan berbunga (Angiospermae, tumbuhan berbiji tertutup) adalah keturunan dari salah satu tumbuhan berbiji terbuka. Pemisahan antara tumbuhan berbiji terbuka dengan berbiji tertutup akan menyebabkan pemisahan yang parafiletik.

1 ) Coniferophyta (konifer)

Divisio ini banyak anggotanya yang masih dapat dijumpai hingga sekarang. Pada umumnya conifer tidak mengalami gugur daun, daunnya berbentuk jarum, hidup sebagai perdu atau pohon, memiliki strobilus berbentuk kerucut. Ada dua macam strobilus, strobilus biji atau strobilus betina dan strobilus serbuk sari atau strobilus jantan. Contoh: Pinus, Cupressus, Araucaria, Agathis, Sequoia, Juniperus, Taxus.

2 ) Cycadophyta (Sikas)

Golongan sikas ditemukan di daerah tropis hingga sub-tropis. Ciri yang khas untuk tumbuhan ini adalah batang yang tidak bercabang, daun majemuk, seperti kulit, tersusun sebagai tajuk di puncak batang yang memanjang. Seluruh anggotanya berumah dua. Contoh: Cycas rumphii (pakis haji), ditanam sebagai tanaman hias.

3 ) Ginkgophyta (Ginko)

Anggota divisio ini yang masih ada adalah Ginkgo biloba (Ginko). Ginkgo merupakan pohon besar, dapat mencapai ketinggian lebih dari 30 meter. Daun lebar berbentuk seperti kipas, dengan belahan yang berlekuk dalam. Tulang daun berbentuk menggarpu. Ginko merupakan tumbuhan Gymnospermae yang meranggas, berumah dua, biji keras berwarna kekuningan, berukuran sebesar kelereng, berbau tidak enak. Ginko digunakan sebagai bahan obat-obatan dan kosmetik.

4 ) Gnetophyta

Divisio ini memiliki strobilus jantan yang tersusun majemuk, daun berhadapan atau melingkar, seluruh pembuluh terdapat pada kayu sekunder dan tidak terdapat saluran resin. Contoh: Gnetum gnemon (melinjo), daun muda, biji dan bunganya dapat disayur. Bijinya dibuat menjadi emping,kulit kayunya digunakan sebagai bahan pembuatan benang atau kertas.

tag: Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae), Ciri-ciri dan penggolongan (klasifikasi) Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae), Apa itu Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae), Peranan Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae), Tumbuhan Biji Terbuka (Gymnospermae)

loading...


Contoh Tumbuhan Gymnospermae

nama ilmiah dan klasifikasi tumbuan melati, yhs-yhs_asus_launcher_searchbar, pengganti texapon, pengertian menyambung, ciri@planet it mail, ciri ciri tanaman matoa, contoh benda berbentuk persegi, siklus hidup tumbuhan gymnospermae, Ciri ciri cikri, jenis2 tanaman langkah dan ciri-cirinya