Efek Samping Obat Jerawat


Pengaruh dan efek samping obat jerawat cap wayang

Pengaruh dan efek samping obat jerawat cap wayang

Efek Samping Obat Jerawat serta dampak obat jerawat – Pengaruh dan efek samping obat jerawat yang beredar di pasaran secara bebas tak luput dari bahaya dan pengaruh obat jerawat yang mengancam siapa pun yang menggunakannya. Kandungan asam salisilat dan resornisol dalam obat jerawat tidak boleh digunakan secara meluas pada permukaan kulit. Hal ini dikarenakan bahan kimia ini dapat menyebabkan alergi ataupun iritasi.

Penggunaan obat jerawat antibiotika juga memiliki resiko karena dapat menyebabkan radang usus. Kandungan Benzoil peroksida dalam obat jerawat yang digunakan sebagi anti bakteri dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Maka penggunaan obat jerawat pun harus berhati-hati karena alih-alih menyembuhkan jerawat justru wajah semakin terlihat tidak terawat dan tidak sehat.

Meningkatkan risiko infeksi mata

Pemakaian obat untuk jerawat rupanya meningkatkan risiko terinfeksinya mata, seperti mata merah dan penyakit mata lainnya. Sebuah penelitian di Universitas Tel Aviv bahwa menggunakan obat untuk jerawat memiliki risiko infeksi mata dua kali lebih besar daripada mereka yang tidak menggunakan obat untuk jerawat.

Obat-obatan ini menginfeksi mata dengan cara mengurangi produksi minyak dan air pada wajah, salah satunya adalah air mata. Mata yang kurang kelembaban akan cepat menjadi kering dan mudah teriritasi. Karena fungsi air mata adalah membersihkan dan melindungi mata dari benda asing, ketiadaan air mata otomatis menimbulkan infeksi pada mata. Infeksi akan diperparah jika penderita terus menerus menggosok matanya karena wilayah pusat kornea jadi menipis.

Menyebabkan depresi

Konsumsi dan pemakaian obat jerawt dalam jangka panjang bisa menyebabkan depresi. Tidak sedikit kasus bunuh diri yang terjadi para pengguna obat untuk jerawat yang depresi. Bagaimana bisa demikian? Obat untuk jerawat oral memang efektif membasmi jerawat dari dalam. Akan tetapi zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan terganggunya produksi serotonin dalam tubuh.
Serotonin sendiri berfungsi untuk memicu rasa bahagia pada seseorang. Jika produksi serotonin terganggu, orang menjadi mudah stres dan depresi; dan memilih untuk mengakhiri hidupnya. Efek samping ini merupakan efek samping jangka panjang yang baru akan dirasakan setelah bertahun-tahun mengonsumsi obat tersebut.

Menyebabkan gangguan usus

Efek samping ini terjadi pada mereka yang mengonsumsi obat untuk jerawat jenis antibiotik. Antibiotik biasanya diresepkan oleh dokter kulit bagi mereka yang jerawatnya sudah sangat parah dan menahun. Memang, antibiotik dapat mengendalikan kemunculan jerawat dan membersihkan darah sehingga wajah terlihat lebih bersih. Namun konsumsi antibiotik yang berlebihan akan menyebabkan gangguan usus berupa radang. Namun ini jarang sekali terjadi.

Tips sebelum memilih obat jerawat

  • Pilihlah obat dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya (hal ini dikarenakan setiap kulit memiliki sensitifitas berbeda-beda)
  • Usahakan obat yang akan anda konsumsi atau pakai memiliki nomor register dari BPOM
  • Apabila anda membeli obat dari toko online, carilah review terlebih dahulu
  • Pastikan anda mengetahui perbedaan antara obat yang asli dan palsu (umumnya perbedaan terletak dari tingkat kekentalan apabila itu berupa cream atau warna berbeda dengan yang asli)
  • Bacalah kegunaan/manfaat, aturan pakai serta efek samping yang tertera pada botol ataupun bungkus obat
loading...


Efek Samping Obat Jerawat

efek samping super n, Obat trodex, obat mexon, polofar plus, mexon, biomega metampiron, welmove vs viostin ds, benodon, trodex obat apa, fungsi alika pada tanaman padi