Klasifikasi Jamur Grigit – Schizophyllum Commune


Peranan budidaya jamur grigit wikipedia

Peranan budidaya jamur grigit wikipedia

Klasifikasi Jamur Grigit Schizophyllum Commune – Jamur adalah organisme yang bersifat heterotrof saprofit dimana jamur tidak dapat mengolah bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan zat makanannya.

Klasifikasi Jamur Grigit Schizophyllum Commune

  • Kingdom: Fungi
  • Division: Basidiomycota
  • Class: Agaricomycetes
  • Order: Agaricales
  • Family: Schizophyllaceae
  • Genus: Schizophyllum
  • Species: S. commune
  • Binomial name : Schizophyllum commune

Ciri ciri Jamur Grigit Schizophyllum Commune

  • Ukuran jamur kecil dan sering bergerombol jika muncul dibatang kayu, pohon jati, kayu rambung, dan kayu pintangur
  • Lebar payung jamur dapat mengembang hanya sampai 5 cm dengan bentuk seperti kipas
  • Memiliki tubuh buah dalam jumlah yang banyak
  • Berukuran sangat kecil dan berwarna putih kusam
  • Tumbuh berkelompok pada batang kayu yang telah mati, Jika dibiakkan miseliumnya halus, putih agak hijau dengan pertumbuhan agak lambat
  • Sporanya putih dengan sporohore kering yang memiliki bagian-bagian
  • Hanya akan muncul disaat musim pengujan banyak tumbuh di daerah tropis sekitar indonesia

Ciri ciri Jamur Grigit Schizophyllum Commune

Streets (1980) menguraikan bahwa ciri ciri jamur Grigit Schizophyllum Commune berukuran sangat kecil, tipis, bentuknya berlapis-lapis (shelf-like) dan sangat umum ditemukan pada bagian-bagian jaringan mati dari pohon-pohon yang masih hidup. Seringkali jumlah tubuh buah sangat banyak, lebarnya 2,5 sampai 3,25 cm, bentuknya seperti kipas, warna putih sampai kelabu di permukaan atas dan insang-insang berwarna kelabu berbentuk seperti garpu di permukaan bawah. Jika kering maka insang-insangnya terpisah dan setiap setengah bagian insang akan menggulung ke atas, yang merupakan ciri khas Schizophyllum sp.

Menurut Alexopoulus dan Mims (1979) dalam Dirgantara (1998) ciri ciri jamur Grigit Schizophyllum Commune memiliki tubuh buah berwarna abu-abu, berbentuk seperti kipas dengan diameter 1 sampai 4 cm. lapisan himeniumnya terdiri atas bisidia yang terbentuk pada lamela. Apabila kelembaban rendah, lamella dapat robek (split) secara memanjang dengan kedua tepinya melipat kedalam. Dalam beberapa hal robekan-robekan tersebut mungkin dangkal dan mirip seperti lekukan-lekukan. Karena ada lamela tebal tersebut. Sehingga berbentuk tekstur yang lunak pada tubuh buah yang masih segar. Atas dasar tekstur ini para peneliti menempatkannya pada ordo Agaricales, namun setelah diketahui bahwa lamela Schizophyllum tidak homolog seperti Agaricales lainnya, maka dimasukkan ke dalam famili Schizophyllaceae.

Budidaya Jamur Grigit Schizophyllum Commune

Pertumbuhan jamur Grigit putih sangat dipengaruhi oleh faktor biotik dan faktor abiotik (Bentuk dan sifat jasad hidup). Kedua faktor tersebut sangat mempengaruhi mulai dari perkecambahan spora, kemudian menjadi hifa, meselium, stadia pinhead, stadia button dan tumbuh buah jamur Grigit.

Untuk budidaya jamur Grigit Schizophyllum Commune dan memperoleh hasil yang baik semua media tanam akan diliputi oleh miselium, maka harus memperhatikan faktor fisik media kayu. Media kayu tidak boleh terlalu basah yang masih terpenuhi oleh cairan kambium, media kayu yang terlalu basah akan mengakibatkan ketidaksempurnaan miselium dan bahkan kayu tersebut sukar ditembus oleh miselium.

Manfaat Jamur Grigit Schizophyllum Commune

Selain sebagai bahan pangan jamur Grigit ternyata dapat bermanfaat sebagai obat tradisional. Penggunaan jamur ini sebagai obat kejang sudah dibuktikan oleh kelaurga saya. Saat salah satu kemenakan saya yang sering sakit panas tinggi hingga kejang (Steap) disarankan oleh tetangga kami untuk diobati dengan jamur grigit.

Cara membuat ramuan Jamur Grigit Schizophyllum Commune sebagai obat sakit panas tinggi hingga kejang

  1. Siapkan 100 gram jamur grigit
  2. Cuci hingga bersih
  3. Rebus dengan 1 liter air
  4. Tunggu sampai air tersisa sekitar 200 mL
  5. Angkat dan dinginkan
  6. Saring dan minum tanpa tambahan apapun
  7. Jamur yang sudah direbus dapat dikonsumsi

 

loading...


Klasifikasi Jamur Grigit – Schizophyllum Commune

ciri suku cucurbitaceae, Manfaat jamur grigit, jamur grigit wikipedia, klasifikasi jamur grigit, ciri khas ordo euphorbiaceae, ciri ciri kayu walikukun, ciri ciri jamur grigit, manfaat jamur gerigit, ciri suku cucurbitaceae adalah, guna obat herbal montalin